Sunday, February 13, 2011

Persyaratan Untuk Menjadi Siswa SMA Taruna Nusantara

Untuk adik-adik dari seluruh SMP di Indonesia kalian berhak low ikutan tes menjadi seorang calon siswa salah satu sekolah terbaik di Indonesia, sekolahku SMA Taruna Nusantara. Nah, apa aja ya syarat menjadi calon siswa SMA TN ? Pengen tahu... Lihat dan catat penjelasan di bawah ini :

Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN) selaku pengelola SMA Taruna Nusantara menerima pendafaran calon siswa (Casis) Kelas X TP. 2011/2012 dengan ketentuan :

1.     Persyaratan Umum :
a.     Warga Negara Indonesia (WNI) laki-laki dan perempuan.
b.     Usia maksimal 17 tahun pada bulan Juli 2011.
c.     Sehat jasmani dan rohani (Surat Keterangan Dokter).
d.     Tinggi dan berat badan seimbang.
e.     Berkelakuan baik (Keterangan Kepala Sekolah).
f.      Siswa kelas III SMP/setingkat TP. 2010/2011 atau lulusan TP. 2009/2010.
        Nilai raport semester I s.d V minimal 7 untuk pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA dan Matematika.
g.     Bersedia tinggal di asrama selama mengikuti pendidikan.
h.     Persetujuan orang tua/wali.

2.     Waktu dan Tempat Pendaftaran :
a.     Waktu     : 12 Januari s.d. 31 Maret 2011.
b.     Tempat    : Ajen Kodam atau Ajen Korem dan Kodim.

3.     Cara Pendaftaran :
a.     Kategori Iuran Sekolah. Mengisi formulir pendaftaran warna biru nomor 02-2011 dan sanggup membayar biaya pendidikan sebagai berikut :
1)    Uang pangkal Rp. 24.000.000,- dan uang komite sekolah Rp. 1.000.000,- dibayar sekaligus.
2)    Iuran sekolah Rp 3.000.000,-/bulan, dibayar paling lambat setiap tanggal 5 pada bulan berjalan.
3)    Sumbangan sukarela.
b.     Kategori Kontribusi Khusus. Mengisi formulir pendaftaran warna merah nomor 02-A-2011 & formulir pernyataan nomor 04-2011 serta sanggup membayar biaya pendidikan sebagai berikut :
1)    Uang Pangkal Rp. 24.000.000,-. dan uang komite sekolah Rp. 1.000.000,- dibayar sekaligus.
2)    Iuran Sekolah Rp 3.000.000,-/bulan, dibayar paling lambat setiap tanggal 5 pada bulan berjalan.
3)    Kontribusi Khusus minimal Rp.50.000.000,-.
c.     Kategori Beasiswa. Mengisi formulir pendaftaran warna kuning nomor 03-2011, formulir permohonan beasiswa nomor 05-2011 & formulir surat keterangan nomor 06-2011. Bagi Casis yang ditetapkan sebagai penerima beasiswa, dibebaskan dari keharusan membayar uang pangkal dan iuran sekolah.
d.     Menyerahkan formulir pendaftaran beserta lampirannya masing-masing rangkap 3. Lampiran formulir sebagai berikut :
1)    Surat Keterangan Kelakuan Baik dari Sekolah.
2)    Surat Keterangan Sehat dari Dokter Instansi Pemerintah/ Militer.
3)    Fotokopi Kartu Tanda Pelajar.
4)    Fotokopi Akte Kelahiran.
5)    Fotokopi nilai raport SMP/setingkat semester I s.d V.
6)    Pasfoto Ukuran 3x4 (3 Lembar).
7)    Khusus untuk pendaftar jalur Beasiswa :
(a)   Menyerahkan daftar penghasilan ortu/wali, disahkan oleh instansi tempat bekerja atau Kepala Desa/Lurah (bagi pedagang/buruh/ tani/nelayan).
(b)   Menyerahkan fotokopi Kartu Keluarga & KTP ortu/wali.

4.     Seleksi :
Seleksi dilaksanakan dalam dua tahap :
a.     Seleksi Awal.
        1)    Seleksi Administrasi. Meneliti data Casis yang tertulis pada formulir pendaftaran dihadapkan pada substansi persyaratan penerimaan (dilaksanakan di daerah/ Ajen maupun Pusat/ LPTTN).
        2)    Seleksi Akademik. Dengan materi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA dan Matematika, dilaksanakan bulan April 2011 di Ajendam/Ajenrem.
b.     Seleksi Lanjutan.
1)    Casis yang dinyatakan lulus Seleksi Akademik akan dipanggil untuk Pemeriksaan Psikologi dan Kesehatan di daerah yang ditunjuk.
2)    Casis yang dinyatakan lulus Pemeriksaan Psikologi dan Kesehatan dipanggil ke SMA Taruna Nusantara Magelang untuk Wawancara.

5.     Biaya :
a.    Biaya administrasi Rp. 100.000,- dibayarkan pada waktu mengambil formulir pendaftaran.
b.    Biaya Pemeriksaan Psikologi dan Kesehatan ditentukan di masing-masing tempat pendaftaran dan dibayarkan setelah lolos Seleksi Akademik.
c.    Transportasi dan akomodasi selama seleksi ditanggung Casis.
d.    Seleksi Wawancara di Magelang tidak dikenakan biaya.
e.   Uang Pangkal, Kontribusi Khusus dan Iuran Sekolah bulan Juli 2011 dibayarkan setelah mendapat panggilan Wawancara di SMA Taruna Nusantara Magelang.

6.     Beasiswa :
Pada penerimaan siswa SMA Taruna Nusantara TP. 2011/2012, LPTTN menyediakan beasiswa secara terbatas bagi Casis yang berprestasi dari keluarga kurang mampu dan Casis yang berprestasi bidang akademik tingkat Nasional/ Internasional.

Persyaratan Beasiswa sebagai berikut :
a.     Nilai raport SMP/setingkat semester I s.d. V minimal rata-rata 8 (delapan) untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA dan masing-masing pelajaran memenuhi nilai minimal 7,5 (tujuh koma lima).
b.     Casis potensial dan berprestasi namun nilai rata-rata kurang dari 8 (delapan) diberikan kesempatan untuk mendaftar beasiswa dengan rekomendasi dari Kepala Sekolah.
c.     Tidak pernah tinggal kelas selama mengikuti pendidikan SMP/setingkat dan lulus TP. 2010/2011.
d.        Mengikuti prosedur pendaftaran dan seleksi yang telah ditetapkan.
e.     Dinyatakan dapat memperoleh Beasiswa oleh Panitia Pusat (Panpus) Penerimaan Siswa SMA Taruna Nusantara.

7.             Bagi Casis yang dinyatakan diterima sebagai Siswa SMA Taruna Nusantara melalui Surat Keputusan Ketua Panpus langsung masuk pendidikan.




Jujur keterangan di atas langsung saya copy dari web aslinya. Persaaratan di atas pasti kalian sudah tahu semua kan. Nah, yang perlu kalian ketahui juga adalah, abang punya tips nih buat adik-adik yang memang pengen banget masuk ke SMA Taruna Nusantara.

Tips 1 : Belajarlah dengan giat seluruh meteri UAN. Itu modal awal, karena percayalah. Tes yang paling banyak menggugurkan calon siswa SMA TN adalah tes Akademik. Jika kalian sudah lolos tes akademik, Insya Allah kalian akan mudah untuk melewati tes selanjutnya yaitu tes Kesehatan, Psikologi dan wawancara. Asalkan kalian memang tidak punya penyakit dalam, buta warna atau cacat fisik lainnya.
Tips 2 : Persiapkan mental kalian sekuat baja. Karena saat kalian masuk ke SMA Taruna Nusantara. Kalian akan menjalani masa PDK (Pendidikan Dasar Kepemimpinan) selama 3 bulan lamanya. Dalam PDK kalian akan diperkenalkan bagaimana cara hidup di SMA TN. 3 bulan awal inilah, langkah awal kalian meniti masa depan kalian. Tidak hanya selama di SMA TN, tapi untuk selamanya, selama hayat masih dikandung badan. Slogan PDK, "3 Bulan PDK untuk 3 tahun di SMA Taruna Nusantara, 3 tahun di SMA TN untuk bekal hidup selamanya." Selain itu, persiapan mental juga berguna agar kalian tidak kaget, karena jauh dari orang tua, teman SMP dan lingkungan yang kalian kenal selama 15 tahun kalian hidup. Kalian akan benar-benar hidup di lingkungan yang baru. Lingkungan SMA TN 24 jam setiap hari dalam 3 tahun.
Tips 3 : Persiapan fisik tidak usah terlalu berlebih. Memang SMA TN mengedepankan 3 aspek yaitu aspek Intelektual, Kepribadian dan Kesamaptaan Jasmani. Tapi tidak usah terlalu takut nanti akan begini-begitu di SMA TN. Percayalah akan sistem pembelajaran di SMA TN sudah sangat baik. Tidak mungkin siswa baru langsung disuruh lari track 7 putaran. It's amazing kali ya... haha^^. Pasti step by step, dan kalau memang badan kalian sehat. InsyaAllah kalian bisa melewati seluruh kegiatan fisik di SMA TN.
Tips 4 : Banyak berdoa dan minta doa restu. Doa kita sendiri tidaklah cukup. Bayangkan, kalian akan bersaing dengan teman kalian yang memiliki berbagai kelebihan dari seluruh pelosok Indonesia. Maka kencangkan doa, jika bertemu teman, sanak saudara, tetangga, mintalah doa darinya. Doa akan membuat kita semakin percaya diri nantinya.
Tips 5 : Bangunlah mentalmu dari sekarang. Saat kalian masuk di SMA TN. Kalian akan menemukan 999 orang dari seluruh pelosok negeri. Dan yang pasti mereka akan berbeda satu dengan yang lain. Jujur, tak semua penghuni SMA TN itu normatif, pasti ada oknum-oknum kurang baik alias "Error" kalo bahasa anak TN. Oleh karena itu, jangan kaget jika menemui yang seperti itu. Tapi ambil hikmahnya, sebaik-baiknya manusia adalah yang dapat mengambil hikmah dari berbagai kejadian. Perkuat benteng diri dari pengaruh negatif sebagai siswa SMA TN.

Mau tahu apa aja keuntungan jika kamu terpilih menjadi siswa SMA Taruna Nusantara. Sungguh sangat banyak keuntungan yang akan kalian terima jika kalian benar-benar terpilih menjadi siswa SMA Taruna Nusantara. Saya sebutkan yang menurut saya takkan kalian dapat jika kalian masuk SMA lain selain TN.
  1. Mendapatkan keluarga baru. Jika kalian masuk SMA TN kalian akan bertemu dengan orang baru, sahabat baru, lingkungan baru. Tahukan kalian keluarga baru ini tak hanya akan bertahan saat kalian menjadi siswa SMA TN. Tapi keluarga ini adalah untuk selamanya. Contohnya saat kalian bertemu abang angkatan satu yang telah berumur 40 tahun kita akan tetap memenggil beliau dengan sebutan Abang. Bukan Pak atau Om atau Pakde dan lain sebagainya. Walaupun kita tak pernah ketemu para alumni dari angkatan awal akan terus mencari kita. Percayalah mereka pasti sangat rindu dan akan bertanya bagaimana keadaan SMA TN sekarang. Saya masih kelas 3 jadi belum merasakan gimana kangennya. hehe^^ (walaupun bentar lagi udah lulus). Oh iya, untuk menjamin ikatan alumni tetap kuat maka dibuatlah sebuah organisasi alumni SMA TN, yaitu IKASTARA (Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara).
  2. Mendapatkan pamong terbaik dari seluruh Indonesia. Tak hanya siswa, pamong juga akan diseleksi layaknya siswa, mulai tes akademik, kesehatan, wawancara, psikologi semua sama. Jadi pamong SMA TN bukan pamong sembarangan. Mereka telah terpilih dan yang terbaik tentunya yang akan terpilih.
  3. Beribu pengalaman yang tak pernah terbayangkan. Jujur, saya ini orang kampung dari kabupaten kecil yang mungkin nggak semua orang tahu. Tapi inilah saya. Hehe^^. Saya tak pernah membayangkan saat saya SMA saya akan bertemu seorang Menteri di hadapan saya, saya tak pernah mambayangkan akan bisa merasakan bagaimana rasanya duduk di kursi tempat para anggota dewan rapat. Mimpipun tidak.... Fotonya ada di sini.
  4. Mendapat wawasan Nasional. Saat kalian menjadi siswa SMA TN, kalian takkan pernah lagi berpikir secara mikro Nasional. Kalian akan mulai berpikir secara makro Nasional. Kalian akan berpikir tentang masa depan kalian, insyaAllah lebih dari SMA lain (tapi tergantung individunya juga)
  5. Belajar kepemimpinan real di lapangan. Jika kalian bersekolah di SMA luar maka kalian hanya akan melihat bahwa yang berlatih kepemimpinan ya cuma itu-itu aja. Pasti anak OSIS, MPK, Ketua Kelas itu doank kali ya. Tapi kalo kamu masuk SMA TN maka yang kalian dapat lebih dari itu, semua siswa dituntut untuk mengaplikasikan teori kepemimpinan dalam kehidupan sehari-hari. Di SMA TN, tak ada cerita adanya Jabatan tetap (kecuali jabatan untuk Tim Ekskul dan OSIS, PK ya..) Jabatan yang dimaksud adalah Ketua Graha, Pemimpin Upacara dll. Nah, untuk jabatan-jabatan tersebut akan digilir tiap minggu. Istilahnya ga' ada siswa yang belum pernah jadi pemimpin upacara atau Ketua Kelas selama dia di SMA TN. Inilah sarana melatih kepemimpinan lapangan di SMA TN.
  6. Sekolah akan membantu mencari kelanjutan studi. Karena kita merupakan sekolah berasrama, pastinya akses kita untuk keluar Kampus sangat dibatasi. Oleh karena itu, sekolah akan membantu dalam masalah yang satu ini. Saya jamin, SMA TN mungkin bisa dikatakan salah satu sekolah yang paling aktif untuk mencari info kelanjutan studi siswa-siswanya. Bayangkan petugas BK, setiap hari harus selalu mencari informasi terbaru, karena setiap hari juga siswa SMA TN (khususnya kelas XII) akan berdatangan ke BK untuk mencari Informasi. (Kalo ga' cari tahu ntar beritanya basi bukan, klo ga' ternyata siswa udah baca info itu udah dibaca di internet). Tapi itu semua ga' akan terjadi di SMA Taruna Nusantara. Jangan salah, alumni juga ikut membantu low... Kan kita udah jadi keluarga^^
Sebenarnya masih banyak yang ingin saya tulis di sini. Tapi tidak bijaksana juga jika saya terus tulis tanpa henti. Karena jujur banyak sebenarnya yang ingin saya tulis. Tapi tak ada gunanya juga saya tulis jika adik-adik sekalian tidak mendaftar ke SMA TN setelah membaca blog yang sederhana ini.
Ingat kata pepatah !

Soal-soal tes akademik SMA Taruna Nusantara ada di sini

Mencoba lebih baik daripada tidak mencoba sama sekali...
Kalo kamu udah masuk SMA TN, kamu bakal menemukan bahwa ternyata banyak juga teman-teman kalian yang istilahnya, dulu cuma ikut-ikut dan akhirnya masuk SMA TN. Hehehe^^ Ini kenyataan. Ini mendingan, yang penting jangan pernah masuk SMA TN karena DIPAKSA !!! Masuklah SMA TN karena memang kamu sendiri yang pengen, dan aku harap tulisanku ini dapat sedikit menggugah semangat kalian untuk lanjut dan mencoba untuk daftar SMA TN.

Ehm... kenapa tak ada yang bertanya pada page ini ? Tahukah kamu... Semakin kamu banyak bertanya maka akan semakin mengerti kamu tentang SMA TN dan semakin terbuka lebar pula jalan kamu untuk bisa lolos ke SMA TN.Tidak ada Keluarga Besar SMA TN yang istilahnya "Pelit" untuk ditanya masalah SMA TN. Kami justru senang akan ada calon keluarga baru yang akan daftar dan insya Allah akan menjadi siswa SMA TN. Jadi gak usah malu2 bertanya ya... tanya aja... nyatai aja... adminnya masih kelas 3 SMA koq dan untung aja sekolahnya di TN... gak jauh2 amat ma kalian adek2 kelas IX SMP... Kalo mau tanya nyantai aja... Silahkan...
 
Artikel lain penulis setelah lulus dari SMA Taruna Nusantara disini

Sumber :
http://www.taruna-nusantara-mgl.sch.id

Author
Andrean Eka Lucianto


170 comments:

  1. SMA Taruna Nusantara, sejuta kenangan yg tidak terlupa ;)

    ReplyDelete
  2. soal-soal akademiknya bisa di lihat di mana ya kak?
    insaallah tahun 2012 saya mau daftar, makasih kak.

    ReplyDelete
  3. maaf numpang tanya , klau nilai rapor yg minimal 7 itu rata2nya, atau setiap semster harus 7 ?

    terima kasih

    ReplyDelete
  4. @yaser=klik di tulisan di atas "di sini" warna biru u bisa download di situ
    @fernando=kalo gak salah gak boleh ada nilai kepala 6, tapi coba saja dulu...

    ReplyDelete
  5. kak, di TN bisa dapet beasiswa gak si? buat daftar awal masuk

    ReplyDelete
  6. Saya dari keluarga biasa-biasa saja, walaupun bukanlah dari keluarga yang kekurangan. Terus terang kalau ortu harus membiayai SMA TN kayaknya berat sekali krn saya tahu gaji ayah tdk akan mencukupi biaya bulanan di SMA TN.
    Saya sekarang kelas VIII. Kalau melihat syarat utk mendapat beasiswa di SMA TN rasanya jadi minder soalnya nilai kelas VII nilai rata-ratanya di bawah 8. Padahal saya pengen sekali bisa masuk SMA TN.

    ReplyDelete
  7. Kak, aku mau tanya. Siswa yang ada di SMA TN tinggi-tinggi. Lha tinggi min. buat prmpuan brp?
    Dan tinggi min. buat laki-laki brpa?
    Dan bagi perempuan yang bersekolah di SMA TN boleh memakai kerudung?
    Tlng di jawab ya!!! thank's

    ReplyDelete
  8. @nadya = saat kamu pertama kali mendaftar sebagai siswa TN maka kamu akan memilih akan mengambil jalur apa... ada tiga halur Beasiswa (Formulir warna kuning), biaya mandiri (Biru), Kontribusi khusus (merah) untuk ketentuan yang lain, tanykan saja ke kodim di kotamu... karena biasanya setiap tahun ada pergantian informasi...
    @anonim = kamu punya potensi yg dapat kamu banggakan atau tidak ? contoh medali di Olimpiade sains atau pernah menang Lomba. itu akan sangat membantu jika ingin masuk lewat jalur beasiswa.
    @dewi = kalo tidak salah 150 cm untuk perempuan dan 155 cm untuk laki-laki. jika kurang sedikit, tidak apa-apa coba mendaftar saja. yang penting berat badan ideal.

    ReplyDelete
  9. Contoh soalnya kok nggak bisa dibuka ? Mau donk....

    ReplyDelete
  10. kak maaf, tapi contoh soalnya kok nggak ada ??

    ReplyDelete
  11. Elfrida DwiyantiOct 9, 2011, 2:46:00 AM

    saya pengen banget ka bisa sekolah di TN. ini sudah impian saya sjk kls 8. tp seperti yg kaka blg, para casis srg jatuh di tes akademik. aya takut di tes akademik ka. saya takut tidak bisa lolos seleksi :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting berusaha dulu dengan sebaik mungkin... Kalau memang tidak diijinkan. Ya sudah mungkin memang sudah jalannya... Yang penting kita sudah berusaha semaksimal mungkin supaya tidak menyesal... (Kemampuan orang berbeda-beda dan ada batasnya)

      Delete
  12. William PattynamaOct 15, 2011, 12:21:00 AM

    kak,kalau misalkan prestasi yang bisa dibanggakan itu slain di bidang akademis bisa gk kak?
    contohnya: musik,olahraga,dll..selain itu nilai IPA saya ada yang dibawah 7...kalau begitu masih bisa masuk gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain akademik bisa. Teman kakak dulu juga ada yang masuk dengan prestasinya di bidang renang.

      Delete
  13. hehehe. trus tarang saya dlu ingin skali msuk SMA TN.. tpi sya udh Kls XI-IPA4 skrang!!:D.. hoho
    sya dlu berniat msuk sini dan biaya pun ada.. tapi saya rasa trlalu brat bt khdupan kluarga saya.. namax seorang ayah dan ibu pasti mengizinkan saja.. tpi sya sbgai anak mrasa brat untuk mngambil kputusan itu.. lebih baik hasil itu di buat masuk AKMIL saja.. sya brtindak dan berfikir seperti itu.. SMA TN ini hrapan saya lo.. dulu^^ Sukses trus bt SMA TN!!!!

    ReplyDelete
  14. terus terang dan terang terus, mahalnya mau masuk dan biayanya , duh....

    ReplyDelete
  15. sukses terus buat SMA TN!!! david from 18 batch

    ReplyDelete
  16. ka , klw mau ngambil formulir pendaftaran tahun 2012-2013 gimana ya ???
    terus dimana ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ambil formulir ada di Kodim / Korem setempat

      Delete
  17. kak, mau nanya nih
    kalok di sma tn boleh pakek kacamata nggak ?
    tolong dijawab ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh... banyak teman saya yang pakai kacamata

      Delete
  18. kak, pendaftaran buat casis tahun ajaran 2012/2013 di mulai kpn ya kak?!

    ReplyDelete
  19. owalah ini eka to?? wkwkwkwkwkwkwkwkkk

    ReplyDelete
  20. kak, pendaftaran untuk TP. 2012-2013 kapan??

    ReplyDelete
  21. kak, kalo di tarnus rambutnya boleh panjang ngga? hehe thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh panjang sampai kamu di terima masih boleh... ntar dipotong ama TN sesuai ketentuan...

      Delete
  22. kak,anak perempuan yang berjilbab boleh tidak masuk ke SMA TN? apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. berjilbab boleh masuk, tapi harus dilepas dik, saat sudah dinyatakan diterima... tapi percayalah pendidikan karakter di sana tidak hanya akan menutup luarmu tapi dalammu juga...

      Delete
  23. pendaftaran buat kelas X tahun 2012/2013 kapan dibuka nih? pengen daftar :)

    ReplyDelete
  24. PENDAFTARAN.X KAPAN DI BUKA ????

    ReplyDelete
  25. maaf mau tanya,
    waktu pendaftaran kategori iuran sekolah biaya yang hrus diselesaikan apa aja?
    makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo tidak salah hanya saat ambil formulir... selain itu kamu tidak akan ditarik biaya apapun (kecuali buat fotocopy, n transport sana sini) sampai dinyatakan lulus... di saat itulah kamu harus membayar uang pangkal...

      Delete
  26. kak,sbenernya prosedur nilai rapot untuk msuk sma TN itu bagaimanasih?
    apa nilai smester 1 smpai 5 minimal hrus 7,atau smua nilai dri smester 1 smpai 5 di jumlah lalu dibagi shingga mendapat rata-rata dari keempat pelajaran itu?
    makasih!

    ReplyDelete
  27. assalamualaikum.
    kak saya dari solo.. saya pengen masuk SMA TN tapi jujur saya tidak mampu untuk membayar biaya sekolahnya..
    dan saya mau masuk jalur beasiswa.. tapi ada nilai saya yg tidak mencukupi.. padahal saya berprestasi..
    kira" prestasi saya di berbagai kejuaraan yg saya ikuti itu dapat menolong kurangnya nilai akademis saya tdak ya ? jujur saya termasuk anak berbrestasi juga di skolah (selalu dpet rangking 3bsar)
    makasih
    wassalam

    ReplyDelete
  28. kak mau nanya nih. soal tes nya lebih ke olimpiade atau ke soal un? susah bgt ya ka?
    tlg di jawab ya kaa :D

    ReplyDelete
  29. kalau pendaftaran 2012/2013 apakah masih sama persyaratannya dengan yg di atas? thanks

    ReplyDelete
  30. bagaimana kalau nilai matematika UAN mendapat 65?
    apakah bisa lolos masuk di SMA Taruna Nusantara..

    ReplyDelete
  31. SMA TARUNA NUSANTARA sekolah yg tak tergantikan bagiku. Disana tempat ditempanya para calom pemimpin negri ini.
    Pengalaman yg tak ternilai harganya tertoreh di catatan perjalanan masa-masa SMA ku di sana. Disiplin tinggi, nilai2 kejuangan, jiwa korsa dan masih banyak lagi hal yg diajarkan disana.
    Jaya terus SMA TARUNA NUSANTARA!

    ReplyDelete
  32. kalau masuk taruna nusantara boleh pakai kerudung gak ya ?

    ReplyDelete
  33. trimakasih ya Kak, sangat bermanfaat kak :D

    ReplyDelete
  34. KAK , mau tanya kira kira yang diterima di SMA TN berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk sekarang 200 orang putra dan 100 orang putri...

      Delete
  35. makasii kak infonya..
    mau tanya lagi soal kelas beasiswa .. kalo misalnya masuk terus nilainya jelek apa nantinya akan dikeluarkan dari sekolah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Logikanya... temen - temen yang berhasil masuk lewat jalur beasiswa adalah orang - orang terpilih dan memiliki kemampuan lebih di bidang akademik/olahraga... Jadi saat berhasil masuk, dapat dipastikan mereka dapat mengikuti pembelajaran di SMA TN. Catatan : Selama ini belum ada siswa TN yang dikeluarkan karena masalah akademik/keuangan...

      Delete
  36. OWH gitu, soalnya saya dikasih tau sama petugas koramil di daerah saya gitu kak .makasii banyak buat infonya .

    ReplyDelete
  37. Kak, aku pengen bgt masuk sma TN, tp kyk'a nda mungkin. Krn keluarga ga bakalan mampu untuk biaya bulanan. Kondisi keuangan keluarga saya paspasan, tdk kurang, dan juga tdk lebih.. Saya masih kelas 8. Biaya bulanan di smp aja 180rb, itu aja menurutku cukup mahal. Trus itu gmn kak pdahal q pengen bgt masuk d'sma TN, tp kendalanya itu, dari segi finansial nda mampu.. Pdahal saya pengen jdi TNI-AD kyk bpk...

    Balas ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba daftar lewat beasiswa dik... Saat pertama mendaftar ambil formulir yang untuk beasiswa, tanya ke Koramil terdekat... Kalo masuk lewat beasiswa kamu akan masuk tanpa membayar sepeserpun... Tinggal belajar aja... Sukses buat kamu...

      Delete
  38. emg'a boleh ambil jalur beasiswa, sedangkan bpku anggota TNI dan persyaratan d'atas hanya bagi
    pedagang/buruh/
    tani/nelayan ?

    ReplyDelete
  39. memang boleh ambil jalur beasiswa ? Sedangkan ayahku sebagai anggota TNI..? Menurut persyaratan di atas kan hanyabagi
    pedagang/buruh/
    tani/nelayan..

    ReplyDelete
  40. kak, maaf mau tanya, klo apa jalur beasiswanya itu hanya buat yg berprestasi sama yg gk mampu aja.
    jujur ya kak biaya sekolahnya itu termasuk Besar.
    terus klo tingginya kurang sedikit tpi BBnya gk menuhi syarat apa masih bisa masuk?
    baru tanya2 dulu kak mumpung maasih kls 8

    Thx, tolong dibales ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalur beasiswa sebenarnya bebas dik... Tapi memang sedikit yang dapat jalur ini, kamu harus bertanding dengan banyak orang HEBAT untuk mendapatkan satu kursi lewat jalur ini... Semangat dik :)

      Delete
  41. saya mau tanya,kalau gojlokan kan pasti ada,...nah gojlokan nya itu seperti apa ???
    terima kasih :)

    ReplyDelete
  42. kak,kalau punya kekurangan cedal R itu berpengaruh bgt gak ya sama test masuknya? makasih :)

    ReplyDelete
  43. ka' mau tanya..biaya uang pangkal bayarnya setelah benar-benar dinyatakan diterima?
    dan nilai matematika saya ada yang kepala 6..tapi klo d itung dri smt 1 sampai 5 untuk mapel yang diwajibkan sudah ada 8 lebih,,jdi gmana ka' bisa atau tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biaya uang pangkal dibayarkan setelah lulus tes akademik, kesehatan dan psikologis. Kamu harus membayar uang pangkal dulu. Baru setelah itu ada tes terakhir yaitu tes wawancara. Tes wawancara ini biasanya dilakukan di SMA TN, Magelang.

      Delete
  44. Kak byr uang pembangunannya it sesudah seleksi atau sebelum Kak ? Ak rencana tahun dpn insyallah mau msk TN

    ReplyDelete
  45. kak, nilai aku pas kelas 7 banyak yang dibawah 7 dan nilai aku saat kelas 8 semester 2 cuman matematikanya yang dibawah 7 yaitu 69. apa aku tetap bisa mendaftar ke sma tn dengan cara memperbaiki nilai kelas 9ku? tolong jawabannya ya kak, makasih :)

    ReplyDelete
  46. kak pendaftaran TN tahun 2012/2013 kapan ?
    dan badan saya kurus, apa masih bisa masuk sma taruna nusantara ?
    kurusnya bukan karena penyakit namun keturunan ..
    tolong kasih tau jawabanya ya ka .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak apa2... coba saja mendaftar. Yang penting sehat :)

      Delete
  47. Kak,,kalau nilai saya waktu kls 7 itu ada yg di bawah 7 yaitu 69 mapel matematika,itu masih punya harapan buat daftar di TN ngga,,soal'nya saya pngen sekali,,tapi nilai'nya skarang sdah saya prbaiki kok kak? alhamdulillah skrng selalu mndapat di atas 8.

    ReplyDelete
  48. Kak, kalo seumpama enggak punya prestasi. Contoh piagam itu bisa nggak? Tapi nilai rapor nya punya nilai plus? -_-

    ReplyDelete
  49. SMA TN pengen banget ke terima di situ ({}) , Kak kalo saya tidak punya piagam masih ada potensi bisa masuk situ nggak? Tolong di balas ya :)

    ReplyDelete
  50. Kak insya allah tahun ini saya ingin mendaftar Tarnus. kalau kakak punya soal diatas tahun 2007 kirimkan ke email saya fahrel19@gmail.com atau nggak balas aja post ini nanti aku download. trims ya sebelumnya.

    ReplyDelete
  51. kak insyaallah saya akan mendaftar tahun ini.
    tpi saya mau nanya nih,Nilai rapot saya waktu kelas 7 ada yg 6 (cuman satu matematika),tpi selanjutnya alhamdullilah 7-8.gmna tuh kira2 bisa gak?

    ReplyDelete
  52. sebenernya saya mau masuk TN. dan memang orang tua nyuruh saya buat jadi wara. tapi orang tua lebih nuntut disuruh masuk negri dulu jadi agak sedikit sedih ya gabisa masuk TN. sukses terus buat TN dan casisnya :)

    ReplyDelete
  53. kak boleh tanya ? temen aku ada yng dulunya ngerokok trus pingin bgt masuk TN itu gimana ya ? apa masih diterima ya kak ? thx.

    ReplyDelete
  54. tanya maksud dari kategori iuran sekolah dan kategori kontribusi khusus itu apa, perbedaannya jauh sekali ?

    ReplyDelete
  55. . ass..... mau ambil formulir daerah jombang jawa timur dimana?????

    ReplyDelete
  56. Kak mau nanya kalo tinggi udh lumayan tapi BBnya gak proposional kira2 bisa masuk gak ya.....?

    ReplyDelete
  57. Met sore kak. Di asrama kita GA boleh bawa HP ya kak? Jadi kalo mau menghubungi ortu apa kita diberi wkt keluar? Terimakasih kak

    ReplyDelete
  58. maaf kak saya ganggu sbntar n mau tanya...... apa bila kami lulus dari SMA TN apa kami pasti jadi anggota TNI............. trimakasih mohon d jawab

    ReplyDelete
  59. TIDAK ADAKAH JALUR KHUSUS/BEASISWA,SEHINGGA CASIS TDK DIKENAKAN BIAYA PENDAFTARAN/PENDIDIKAN.? DAN PERSAYARATAN NYA APA SAJA..
    THANKS

    ReplyDelete
  60. Formulir bisa diambil di Kodim di Kabupaten/Kotamu.

    Untuk masalah menghubungi orang tua, jangan khawatir. Ada fasilitas Wartel. Dan bisa juga titip HP ke bapak/ibu pamong(guru), lalu bisa dipakai telpon orang tua saat malam hari.

    Ingin saya tegaskan bahwa SMA TN tidak pernah menjamin temen2 masuk ke Kelanjutan Studi seperti keinginan teman2. SMA TN hanya akan memberikan pembinaan maksimal untuk temen2 semua. Pembelajaran di SMA TN lah yang akan membuat adik2 survive ke depannya.

    Jika adik2 masuk melalui jalur BEASISWA, maka temen2 akan mendapat fasilitas yang sama dengan temen2 yang masuk melalui jalur membayar. Masuk jalur BEASISWA, temen2 akan GRATIS 100%, tinggal bawa badan, udah dapet makan, fasilitas lengkap, tidak ada perbedaan dengan temen2 yang masuk dengan jalur membayar.

    ReplyDelete
  61. kak mau tanya. kalo tinggi badanya sdh mencukupi tapi berat badan kurang proporsional gimana ya? terus diTN itu nyuci baju, masak dll itu sendiri ya? terimakasih sblmnya :)

    ReplyDelete
  62. kak kapan tes akademik di laksanakan

    ReplyDelete
  63. gak yakin kalo di terima :/

    ReplyDelete
  64. malam, kalau ingin melanjutkan ke TN,bagi anak yg lulus smp nya dari luar negeri, bisa nggak ya, mengingat soal yang diujikan saat tes masuk TN salah satunya bhs Indonesia, dan bahasa indonesia tdk ada dalam kurikulum luar negeri, itu bagaimana ya, mohon penjelasannya.terima kasih

    ReplyDelete
  65. Kak kalo tinggi udah lebih dari cukup tapi badannya kurang masih bisa masuk gak ya kak? Emangnya rambut juga harus pendek ya kak?

    ReplyDelete
  66. karna mungkin problem aku masuk sma TN karna berat badannya e kak T.T

    ReplyDelete
  67. Untuk yang ingin tahu info terbaru pendaftaran SMA Taruna Nusantara dan tips-tips masuk SMA tersebut, silakan kunjungi http://giantholic.blogspot.com

    ReplyDelete
  68. Kak kalok pernah juara 3 lomba belediri ringkat internasional gimana? Kira kira bisa dapet biaseswa ngak? Saya dari keluarga mampu tapi nilai saya rata rata 7

    ReplyDelete
  69. salam hormat untuk kakak-kakak yang menempuh di SMA taruna nusantara magelang,
    saat ini saya msih menempuh pendidikan kelas 8 di SMPN 13 malang,
    saya sangat berkeinginan bergabung dengan kakak-kakak di SMA taruna nusantara magelang,insyallah tahun depan saya berupayah bergabung di SMA taruna nusantara dengan ini mohon arahan dan bimbingannya sehingga bisa menjadikan modal tambahan pengetahuan untuk menjadi siswa di SMA taruna nusantara..
    trima ksih ^^

    ReplyDelete
  70. Kak,, masuk SMA taruna dibatesin gak tingginya??

    ReplyDelete
  71. Dik,
    Berapakah besar uang sumbangan sukarela minimum?
    Bagaimana kalau dikosongkan, apakah bisa mempengaruhi kelulusan?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  72. admin, kaki saya ada masalah. fisik kaki saya tidak sempurna, kaki saya panjang sebelah jadi jalan nya pincang, itu gimana ya? apa bisa masuk ke SMATN?

    ReplyDelete
  73. Ka , saya ingin masuk smatn , kalau di smatn ada axara kaka kelas balas dendam ga ka ? Jadi kita bukan tes mental namun kekerasan?

    ReplyDelete
  74. Selamat siang , ka , maaf ,mengganggu waktu nya , mau nanya , kalau tes kesehatannya di tes apa saja ? Soalnya saya punya asma , dan saya sangat ingin masuk sma TN , terimakasih sebelumnya , mohon dijawab

    ReplyDelete
  75. Kak, mau tanya.Mata aku kan minus, kalo minus kira-kira masih ada harapan gak ya kak buat masuk di SMA TN ? Tolong di jwb ya kak. Terima kasih

    ReplyDelete
  76. Masalah sumbangan minimum tidak akan mempengaruhi kelulusan, karena setahu saya sumbangan itu baru diminta saat sudah dinyatakan lolos seleksi.

    cacat fisik pasti akan mempengaruhi Tes Kesehatan adik-adik semua. Entah cacat fisik di kaki ataupun di mata pasti akan berpengaruh. Tapi jika kecacatan tersebut tidak terlalu parah, masih ada peluang untuk adik2 bisa lolos, masuk ke SMA Taruna Nusantara.

    ReplyDelete
  77. Kak, saya mau tanya nih. Biaya masuknyakan mahal tuh ortu saya gak mungkin bisa bayarnya. kalau lewat jalur beasiswa apakah harus dapet juara dalam olimpiade? oh iya kakak badan saya kurus, apakah bisa diterima kak? Fasilitas di Taruma itu apa aja kak. makasih sebelumnya
    #tolong dijawab ya kak :)

    ReplyDelete
  78. Owh begitu ya kak :) terima kasih kak atas infonya.:)

    ReplyDelete
  79. kak ,aku mau daftar lewat jalur beasiswa
    tapi prestasiku cuma juara 1 olimpiade tingkat provinsi dan seleksi OSN tingkat provinsi
    bisa masuk apa nggak kak ?

    ReplyDelete
  80. kalau bahasa inggris saya di raport itu 79 bisa masuk pakai jalur beasiswa apa ndak??/

    ReplyDelete
  81. Bedanya kontribusi khsus sama biaya mandiri apa . Tolong dijawab min

    ReplyDelete
  82. [ADMIN]
    Kontribusi Khusus kamu harus bayar uang pangkal 20 jt + nyumbang ke sekolah lebih dari 50jt + bayar uang bulanan 2jt/bln
    Biaya mandiri kamu harus bayar uang pangkal 20jt + nyumbang se-ikhlasnya + bayar uang bulanan 2jt/bln

    *besaran itu saat tahun 2010 ya.

    ReplyDelete
  83. setelah lulus SMA taruna. masuk akmil, akpol, apakah prioritas

    ReplyDelete
  84. Ka, kalo tinggi nya kira" 162 buat laki2 boleh? dan berat badan yg seimbang buat tinggi segitu berapa? terus, ada extrakurikuler yg menyangkut PBB?

    ReplyDelete
  85. 1 lagi ka. Menerima piagam2 gitu ngga?

    ReplyDelete
  86. [ADMIN] Untuk masuk ke Ektrakulikuler tertentu di SMA TN, terdapat seleksi tersendiri untuk memasukinya dan menjadi anggota tetapnya.

    Ekstrakulikuler di SMA TN sangat lengkap, karena ditunjang dengan sarana dan prasarana yang lengkap pula.

    Ekstrakulikuler PBB ada. Piagam kalau tidak salah hanya diberikan untuk pengurus OSIS, dan PK SMA TN. Namun, jika kamu ikut ekskul PBB di SMA TN kemungkinan besar kamu akan ikut berbagai perlombaan PBB. Alhamdulillah SMA TN selalu berhasil menjuarai beberapa Lomba PBB tingkat Provinsi setiap tahunnya.

    ReplyDelete
  87. [ADMIN] SMA TN tidak pernah menjanjikan seseorang yang masuk sini akan bisa lebih mudah masuk ke Akpol, TNI AD, AL, ataupun AU, bahkan untuk masuk Universitas Favorit seperti UI, ITB, UGM dll... Yang pasti akan dilakukan oleh SMA TN adalah memfasilitasi adik2 untuk berproses. Ditunjang dengan fasilitas lengkap, kualitas pengajar yang mumpuni. Sekarang semuanya ditentukan oleh adik2 sendiri mau atau tidak adik2 mengambil pelajaran LEBIH dari semua itu. Semua tergantung perjuangan adik-adik disana untuk berproses menjadi apa yang adik-adik cita-citakan.

    ReplyDelete
  88. Kak, kalo dari persyaratan nilai insya Allah sy lolos, permasalahannya sy kurang suka dengan kegiatan fisik ( olah raga ,baris berbaris dll) & fisik sy kurang bagus karena gampang capek. Dengan kondisi seperti ini apakah saya mampu untuk mengikuti kegiatan di SMA TN..(maksud sy kegiatan di luar akademik) ..mohon penjelasannya.tks

    ReplyDelete
  89. [ADMIN] SMA TN tidak akan pernah memaksakan kegiatan fisik. Kalau adik-adik lolos tes kesehatan. InsyaAllah adik-adik akan dapat melaksanakan kegiatan fisik di SMA TN. Kegiatan fisik di SMA TN merupakan kegiatan yang bertujuan menjaga kebugaran tubuh siswanya. Semua kegiatan fisik juga sudah sangat terukur, saat pertama kali masuk ke SMA TN tidak mungkin adik-adik langsung diminta lari keliling kampus yang berukuran 24 hektar. Tapi dimulai dari lari keliling lapangan track. Lalu semakin lama adik2 akan dapat berlari semakin jauh. Karena tingkat kebugaran tubuh adik2 juga meningkat.

    ReplyDelete
  90. Kak pendaftaran tahun 2014 mulai kapan?
    Insyaallah saya akan mencoba mengikuti SMA TN

    ReplyDelete
  91. kak, boleh tau contoh soal yang diujikan untuk test akademik?
    dan untuk mendaftar di sma Taruna Nusantara, apakah ada di setiap kota di Indonesia? kalo tidak ada di setiap kota, boleh tau di kota mana aja yang buka pendaftarannya?

    makasih kak

    ReplyDelete
  92. kak, ada tinggi minimal ngk ?
    trus sarana komunikasi u/ keluarga ada ngk kak ?
    bleh tau ngk kak kesan kakak sekolah disana ?

    ReplyDelete
  93. sekarang kamu nerusin kuliah dimana?

    ReplyDelete
  94. ooh sekarang di ITB ya.....congrats ya...semoga cita2nya tercapai

    ReplyDelete
  95. Ada syarat minim tinggi badan gak? Karena tiggi saya hanya148cm

    ReplyDelete
  96. kak ada olahraga renang

    ReplyDelete
  97. kak,mau tanya kalau mengenai test fisik atau olahraga ada tidak?spt kalau mau masuk akabri..

    ReplyDelete
  98. kak gi mna cra.a daftar di SMATN
    kak jika ad nilai 69 gi mna kak.,?

    jwb kak

    ReplyDelete
  99. kak,saya ingin test tarnus tapi saya kehilangan kartu pelajar,apakah saya amasih bisa ikut test?

    ReplyDelete
  100. Siang kak, saya mau nanya sedikit. Saya berasal dr keluarga yg kurang mampu, saya ingin mencoba jalur beasiswa. Namun, saya hanya memiliki prestasi bulutangkis tingkat provinsi, tidak sampai nasional. Nilai rapor saya memenuhi angka 8. Apakah masih ada peluang untuk diterima, kak?
    Terimakasih, selamat siang.

    ReplyDelete
  101. nilai rata-ratanya harus 7 yh,,??yess rapot ku gk ada yg di bawah 7,,jdi bisa cobaa ikut tes nya ^^

    ReplyDelete
  102. kak klo aku punya piagam juara 1 lomba rebana tingkat jateng kepakek gk ntar ???
    dan di sana fasilitasnya apa aj ya??
    makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  103. halo kak, saya mau tanya nih. Kalau prestasi-prestasinya gitu juga harus ada ya kak? Saya sering ikut kompetisi tapi belum pernah menang:(

    ReplyDelete
  104. kak, ngambil formulir daerah sidoarjo dimana ya kak?

    ReplyDelete
  105. ka ingin nanya klo pendaftaran tah 2014/2015 kapan?
    tinggi badan min buat cwek berapa?
    Tempat pendaftarannya dimna daerah magelang / bandung?

    ReplyDelete
  106. saya cuma punya prestasi tingkat provinsi
    tapi saya pengen masuk lewat jalur beasiswa

    ReplyDelete
  107. saya mau nanya, klo mau masuk sma TN itu harus bisa/ pintar renang gk ya?
    karena saya tidak begitu mahir renang

    ReplyDelete
  108. kalo mau masuk SMA TN itu gabolah pakek kacamata ya?

    ReplyDelete
  109. Kak, klo punya piagam dari bidang sepakbola bisa nggk masuk lewat jalur beasiswa ?

    ReplyDelete
  110. kalau buat bsok yg tahun 2014/2015 cara pendaftarannya msih sama ngga ?

    ReplyDelete
  111. Anak saya masih 4 tahun, nantinya pingin masuk AKMIL, adakah lulusan Sma Tarnus yg gagal masuk AKMIL? Berapa presentase yang lulus masuk AKMIL dari lulusan Sma Tarnus yang mendaftar. Pelajaran dan kegiatan apa saja yang diajarkan di Sma Tarnus? Karena saya ingin mengajarkan ke anak saja sedini mungkin. Terima kasih

    ReplyDelete
  112. apakah di sma taruna nusantara boleh membawa laptop?

    ReplyDelete
  113. Kalau berkawat gigi bisa masuk SMA TN tdk? Mks

    ReplyDelete
  114. Kak, kalo misalnya udh bayar uang pangkal, trus gak lolos tes terakhir,
    Gmana?...
    Uang nya bisa kembali gak?....

    ReplyDelete
  115. kak klo peke jalur prestasi bsa gak ya biar dpet beasiswa ,,
    lalu kapan dibuka pendaftaran untuk 2013/2014nya ??
    makasi sblumnya kak ,, :)

    ReplyDelete
  116. Kak, berapa orang yang bisa mendapatkan kursi lewat beasiswa?

    ReplyDelete
  117. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  118. kak, saya Farhan dari SMPN 2 Mataram
    saya pengen banget masuk SMA Taruna kak
    saya pengen daftar lewat jalur beasiswa kak, karena kalo lewat iuran biayanya terlalu tinggi.
    nah saya mau nanya dikit nih kak
    kalo lewat jalur beasiswa undangan katanya harusbmeraih medali di olimpiade tingkat nasional kaya OSN?
    saya ga ikut OSN, tapi pernah menang IMAS (international math and science)
    kira kira saya tetep bisa masuk ga kak?
    kalaupun bisa, setelah diterima menjalani tesnya gimana?

    sorry banyak nanya kak, pengen banget soalnya hehe
    makasi banyak kak :D

    ReplyDelete
  119. Kak.. maaf tanya..
    Pendaftaran tahun 2014/2015 itu mulai kapan kak ???

    ReplyDelete
  120. kak saya pengen banget masuk smatn, tapi saya pesimis bisa lolos. soalnya saya dari desa kak, dan kalo liat prestasi siswa smatn itu bagus banget kak, takutnya saya minder dengan prestasi siswa smatn lainnya. tapi saya pengen banget masuk smatn kak. pelajarannya sama kayak sma negeri lainnya gak kak?
    *balas ya kak :) butuh banget

    ReplyDelete
  121. edan???nggak nyangka biayanya sudah bisa beli vixion he..he..
    tapi memang ngetop

    ReplyDelete
  122. Mungkin ini pertanyaan mayoritas semua orang tua siswa yg anaknya mau mendaftar ke SMA TN, Sumbangan sukarela itu kisarannya berapa ya??? gak mungkin kan kalo nyumbang cuma 50rb tok, paling tidak ada gambaran tertentu..thanks atas info nya... salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jujur orang tua saya dulu di tahun 2008, cuma menyumbang uang seadanya di dompet. Tidak lebih dari 5 lembar uang kertas.

      Sumbangan dilakukan saat calon siswa, sudah dinyatakan lolos tes. Jadi mau berapa pun yang diberikan tidak berpengaruh.

      Delete
  123. de anak saya skrg mau daftar TN lewat jalr beasiswa, tapi nilai mtk rta 7,5 ipa 7.8. kalo yg lainnya sih d atas 8. tapi dia jago basket ada piagam2nya, kira2 bisa gk ya datar beasiswa...tks atas jawabanya


    ReplyDelete
  124. saya masih bingung biaya masuk sma taruna.......yg tau please detail in ke saya

    ReplyDelete
  125. kak mau tanya .. soal fisik test SMA taruna .. apa ya? seperti push up lari , pull up sit ap? brp kali ya mohon di jawab

    ReplyDelete
  126. bila paru paru terdapat nikoton atau rokok bisa masuk gak ??

    ReplyDelete
  127. apabila paru paru saya terdapat nokotin atau rokok
    apakah masih bisa masuk ke tn?

    ReplyDelete
  128. Kak mau nanya nih, kalo jalur beasiswa brapa yg di trima kak????
    Pendaftaran tahun 2014/2015 kpan kak???

    ReplyDelete
  129. ka untuk siswa putri tinggi badannya harus berapa? terima kasih

    ReplyDelete
  130. Kak, kalau rata2 saya waktu kelas VII cuma skitar 87 bisa untuk daftar jalur beasiswa thn 2014 / 2015 ?

    ReplyDelete
  131. kak, klo nilai kls 7 semester 1 mtk=77 dan b.inggris=79. Bagaimana ? klo untuk daftar jalur beasiswa murni bisa apa tidak ? Makasih

    ReplyDelete
  132. Kalau berat badan dengan tinggi sedikit melenceng 8 kg bagaimana?
    Tinggi 170cm -110 = 60 kg. Berat saya 68 :(.

    ReplyDelete
  133. kak pendaftaran di SMA TN tahun ajaran 2013-2014 kapan?

    ReplyDelete
  134. Kak Klo Pendaftaran Tahun 2014-2015 Kapan ya...

    ReplyDelete
  135. nasvatia harsyahFeb 24, 2014, 5:15:00 AM

    Kak, org tua saya mungkin mampu, tapi kayaknya terlalu berat biayanya, bisa dapat beasiswa gak? Trus kalau smp-nya pakai jilbab, sma-nya harus dibuka dong....

    ReplyDelete
  136. kak, saya mau tanya kalau misalnya saya kan ingin skali daftar di sma taruna nusantara, namun nilainya ada yang 7,00 pas.. lah itu tetep ada peluang bisa masuk atau enda ? makasih..

    #ovi

    ReplyDelete
  137. pengen ke TN tapi ragu sama tinggi badan 3-|

    ReplyDelete
  138. kak kalo boleh tau.. berat badan minimal brp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggi dan berat yang penting seimbang.

      Delete
    2. Kak, Daftarnya lambat bisa gak..?? Ikut Testnya dulu bisa gak..? formulir pendaftarannya nanti nyusul... Bisa gak kak.?
      Tolong Di balas kak,, :)
      Terima Kasih..

      Delete
  139. Kak, Daftarnya lambat bisa gak..?? Ikut Testnya dulu bisa gak..? formulir pendaftarannya nanti nyusul... Bisa gak kak.?
    Tolong Di balas kak,, :)
    Terima Kasih..

    ReplyDelete
  140. linda puspita tarumawardaniApr 8, 2014, 2:02:00 AM

    kak.., aku pingin banget sekolah di sma Taruna Nusantara ini ,tapi orang tua q bukanlah orang yang yang penghasilan nya serba lebih.
    kalau aku bilang sama orang tua q, pasti mereka hanya akan sedih karena tidak bisa menuruti cita-citaku.
    aku bingung kak.....,rasanya aku pingin nangis...!

    trima kasih kakak sudah mau ndengerin curhatan ku..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu bisa ambil yang jalur BEASISWA, dengan jalur ini, jika Linda diterima ke SMA TN, maka kamu tidak akan membayar apapun. Semua kebutuhan primer, mulai dari seragam, makanan, buku, sepatu, tas akan ditanggung oleh sekolah... Kecuali, untuk membeli kebutuhan pribadi seperti sabun, pasta gigi dan jika kamu memang pengen membeli kebutuhan sekunder dan tersier...

      Saran saya, ikut saja... Ambil formulir beasiswa dan konsultasikan dengan orang tua :) Semangat !

      Delete
  141. kak, apa kalo masuk jalur beasiswa harus punya piagam atau sejenisnya?

    trimakasih...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seseorang siswa SMA TN yang masuk lewat jalur beasiswa tentunya merupakan siswa pilihan, sehingga diprioritaskan masuk ke SMA TN.

      Adanya prestasi akademik ataupun non-akademik sangat membantu teman-teman jika ingin masuk ke SMA TN lewat jalur ini.

      Delete
  142. kak, aku pengen tau apasih kelebihan SMA TN dibandingkan SMA umum? sebab aku butuh info.. trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelebihan bisa dilihat di artikel di atas bagian keuntungan.
      Selain itu, kelebihan paling menonjol SMA TN dari SMA umum adalah adanya pendidikan karakter di dalamnya. Kamu akan berada di lingkungan sekolah 24jam. Sehingga apapun perilakuk yang kita lakukan akan diawasi oleh pamong (guru). Pamong (guru) di SMA TN akan menjadi orang tua kedua kita. Semoga membantu.

      Delete
  143. kak , kalo giginya engga rapi gimana kak ?

    ReplyDelete
  144. kak klo berat badan idealnya brapa ,., kalo berat badan saya 163 ???
    tolong jawab yya kak

    ReplyDelete
  145. Kak selama tinggal di asrama apakah boleh membawa alat komunikasi?

    ReplyDelete

berkomentarlah dengan sopan

Pharrell Williams - Happy (Official Music Video)

Materi apa yang paling kalian tunggu-tunggu dari Blog ini ?