Copyright © Geologi, Geodesi, Meteo, Oceano
Design by Dzignine
Monday, November 8, 2010

Potensi Bencana Sekitar Gunung Merapi Khususnya SMA Taruna Nusantara


POTENSI ARAH LETUSAN GUNUNG MERAPI
Gunung Merapi sepertinya tak bosan-bosannya untuk mengeluarkan dan menunjukan keganasannya. Berkali-kali aliran piroclastic flow atau sering kita kenal dengan "Wedhus Gembel" terjadi. Sudah banyak korban berjatuhan, kesakitan, luka bakar hingga korban jiwa tak dapat dihindarkan. Ya apa daya... jika Tuhan YME sudah berkehendak, apa lagi yang bisa kita lakukan. Kita hanya bisa berdoa dan berusaha untuk semampunya menyelamatkan diri. Menyelamatkan diri juga tidak baik jika tidak tahu bagaimana sebenarnya potensi bencana Gunung Merapi itu sendiri. Di sinilah sekelumit informasi tentang potensi bencana sekitar Gunung Merapi.
Tahukah anda sejarah Gunung Merapi? Gunung merapi yang sekarang kita lihat, tidaklah terbentuk dalam satu kali proses pembentukan gunung. Gunung Merapi terbentuk dalam beberapa tahapan yang amat panjang. Sejarah Merapi secara singkat adalah sebagai berikut :
  • Masa Pra Merapi (+ 400.000 th yll) gunung yang terbentuk pada masa ini sekarang kita kenal sebagai gunung Bibi, yang berada sekitar 2,5 km sebelah Timur dari letak Gunung Merapi sekarang. Magma yang dihasilkan masih berupa magma basaltik yang bersifat basa.
  • Masa Merapi Tua (60.000 – 8000 th yll) Gunung yang terbentuk adalah gunung Turgo dan Gunung Plawangan, lavanya masih bersifat basaltik.
  •  Masa Merapi Pertengahan (8000-2000 th yll) Lava yang dikeluarkan sudah andesitik yang bersifat intermediate. Hasilnya adalah Bukit Batulawang dan Gajahmungkur sekarang berada di Utara Merapi dan terdapat letusan eksplosif yang membentuk kawah Pasarbubar. 
  • Masa Merapi Muda (2000 th yll s/d sekarang) Dalam kawah Pasarbubar terbentuk kerucut puncak Merapi yang saat ini kita lihat dan kita kenal dengan nama Gunung Anyar(menurut:Berthomier 1990)

Sepanjang sejarah yang tercatat dari catatan manusia mulai sekitar abad ke-16 sampai sekarang, kita dapat menemukan sebanyak 83 kali letusan Gunung Merapi dengan intensitas yang cukup beragam. Selang waktu erupsi Gunung Merapi sekitar 2-5 tahun.
Itulah dia sedikit ulasan tentang sejarah Merapi, jika kita lihat memang pantas jika merapi dijuluki Gunung teraktif di dunia, dan karena paling aktif tentunya sering juga meletus secara eksplosif dan biasanya mengakhiri masa pertumbuhan merapi menjadi masa pertumbuhan yang baru. Oleh karenanya, sekarang marilah kita menginjak pada potensi bencana letusan Merapi. Lihatlah Peta Kemungkinan Arah Erupsi Merapi berikut :

Sudah diamati ? Nah, sekarang ijinkan saya bertanya, Mengapa Letusan Merapi selalu mengarah ke Selatan dan Barat ? Sekarang mari melihat peta topografinya.
Nah, perhatikan! Di sebalah Utara dan Timur dari Gunung Merapi masih terdapat sisa-sisa Merapi jaman dahulu. Kita dapat menemukan tebing-tebing terjal yang membatasi guguran piroklastik merapi hingga tak bisa melewatinya. Oleh karenanya, peta kemungkinan guguran piroklastik di atas menunjukkan perkiraan bahwa arah guguran Gunung Merapi adalah ke arah Selatan dan Barat yang terlihat lebih landai. Lalu perhatikan kembali peta kemungkinan guguran piroklastik tadi. Jika kita telaah dengan baik maka akan kita dapatkan adanya perpanjangan zona bahaya pada daerah aliran sungai di sekitar Gunung Merapi. Kira-kira kenapa ya? Hal ini, dapat terjadi karena berat jenis material piroklastik lebih besar daripada udara. Maka dari itu, material tersebut akan turun ke bawah mencari tempat yang lebih rendah dengan mengikuti alur dari topografi yang dilaluinya. Ia akan mengalir turun melewati lembah yang biasanya berasosiasi dengan aliran sungai. Sehingga nggak herankan kalau zona bahaya guguran piroklastik merapi diperluas di bagian lembah sungai. Sedangkan bagian bukit-bukit di sebelahnya sebenarnya cukup aman, namun, bahaya karena abu vulkaniknya yang mebuat bahaya, sebenarnya tidak panas, namun jika kandungan abu vulkanik di udara cukup tinggi, akan membuat kita sesak napas dan tidak baik untuk kesehatan.
Menginjak ke pembahasan yang sudah saya janjikan untuk teman-teman saya di SMA Taruna Nusantara. Di sini saya ingin mengabarkan kepada seluruh civitas akademika SMA TN bahwa InsyaAllah SMA kita berada pada jarak yang aman dari bahaya letusan gunung Merapi. Pertama, karena SMA TN berada pada jarak 27,46 km dari puncak merapi sedangkan jarak bahaya hanya 20 km dari puncak Merapi. Lalu, amati peta berikut...
Nah, temen-temen bagian yang merah itu adalah perkiraan arah guguran awan panas terjauh yang bisa ditempuh. Penentuan tersebut didasarkan pada keadaan topografi wilayah Merapi dan melihat dari track record jauhnya guguran piroklastik yang pernah terjadi.
Pada dasarnya aliran piroklastik Merapi akan mengalir melewati daerah yang lebih rendah dari sekitarnya. Jika kita lihat bersama, maka SMA TN dalam zona yang sangat aman, karena untuk mencapai SMA TN aliran piroklastik tersebut harus melewati bukit Tidar yang notabene lebih tinggi dari sekitarnya. Selain itu, jika kita lihat dari peta persebaran sungai berikut maka semakin menambah keyakinan kita bahwa SMA TN dalam keadaan aman. Lihat, tidak ada kan, aliran sungai dari Merapi yang langsung mengarah ke SMA TN... InsyaAllah SMA TN dalam keadaan aman. Mungkin, akibat yang ditimbulkan letusan Merapi untuk SMA TN adalah  hanya abu vulkaniknya saja.
Jadi SMA TN dalam kedaan aman. Tidak usah terlalu resah ya teman-teman. Kita berdoa saja semoga nggak ada apa-apa di SMA kita tercinta. SMA Taruna Nusantara.

Sumber
http://www.wikipedia.org
http://rovicky.wordpress.com/2010/10/26/sejarah-gunung-merapi-sejak-700-000-tahun-yang-lalu/

Author
Andrean Eka Lucianto


11 comments:

  1. Kereeen kaaa...

    Lanjutkan... !!!

    ReplyDelete
  2. garuda emang keren....

    ReplyDelete
  3. terima kasih infonya bang
    izin saya share

    ReplyDelete
  4. Mugo anggenmu leh ngenger neng pusate jawa nagari ngayogjokarto hadiningrat negrinya sri sultan hamengkubuwono kalifatullah pranotogomo senopati ing ngaloga iso dadi ngelmu seng mampangati marang liyan.
    Opo maneh kanggo poro satrian ing padepokan taruna nusantara magelang seng neng lembah gunung seng gueeeeeeeeeedeeeeee gunung tidar

    ReplyDelete
  5. ya ampun dek.... kamu pinter banget!! Hebat! Good luck for everything.

    ReplyDelete
  6. teruslah berbagi ilmu ..........
    semoga 'man jadda wa jadda'mu selalu mendorongmu untuk menjadi manusia 'terbaik', manusia yang bermanfaat bagi manusia yang lain
    ...
    ...
    ...
    ...
    tapi ntar kalo pulang ganti berbagi 'oleh - oleh' ya ka.....ngelmu kang mampangat

    ReplyDelete
  7. Secara teoritis aman... Teori bs benar 100% bila di kertas,bukan di lapangan.. Tapi ingat bencana bisa terjadi kapan saja dan dimana saja sesuai kehendak Allah SWT.. Hendaknya kita jgn tll merasa nyaman dg sebuah teori.. Tapi yg terpenting kita memiliki perencanaan menghadapi musibah tsb bila mmg Yang Kuasa menghendakinya.. Dan selalu berdoa memohon pertolongan dari Nya..Makasi blog nya..Good Job.. IHS TN 8

    ReplyDelete
  8. sippppppp IHS TN8,
    paling tidak jika kita berusaha entah secara teori dan akhirnya jadi mitigasi bencana, sebuah rencana menurut sudut pandang manusia,ALLOH pasti memberi jalan..sesuai dengan prasangka hambanya...
    Alloh 'alam bishowab
    setidaknya bersungguh sungguh ...
    dan Khusus bagi siswa TN,bukankah belajar mencari ilmu itu sebuah perjuangan "jihad fisabilillah' manakali kaki telah terlangkah saat itulah terhitung pahala...
    manakala dalam kelas terniatkan untuk mencari ilmu atas dasar keridhoaanNYA,maka saat itulah sayap malaikat terbentang mendoakan yang belajar menuntut ilmu ...
    wa la tahzan innalloha ma'i ... jika telah tertancapkan rasa dalam dada mengabdi pada ilahi memberikan karya terbaik bagi ibu pertiwi
    ...itulah jalan yang terbentang bagi anak anaku yang belajar dikampus ini ...
    wallohu'alam bishowab

    ReplyDelete
  9. Inilah Indonesia Raya... berita yang memiliki nilai ilmiah dan less-controversial justru nggak begitu laku, lain halnya dengan sebuah puisi lebay yang dibuat temanmu, kontroversinya justru membuat itu lebih laku. Keep Up the good work, Dek!! Barangkali bangsa Indonesia belum bisa menghargai orang berilmu, tapi bangsa ini jelas sangat membutuhkan kalian.. Regards, 99.2588. Cari saya di Lab Biologi tiap hari Jumat, atau Adika di Lab Kimia, kalo kamu butuh bantuan apa pun seputar Olimpiade-mu..

    ReplyDelete
  10. Ijin bertanya:

    seberapa luas (km2), besar (km3) dan dalam (km) kas later magma dan lava gunung merapi? apakah TN berada dalam radius itu? ada gak kemungkinkan terbentuk kawah2 baru?

    ReplyDelete

berkomentarlah dengan sopan

Materi apa yang paling kalian tunggu-tunggu dari Blog ini ?