Copyright © Geologi, Geodesi, Meteo, Oceano
Design by Dzignine
Thursday, December 30, 2010

Faktor yang mempengaruhi angin

Untuk dapat menjawab pertanyaan mengapa layang-layang lebih stabil terbang tinggi daripada terbang rendah ? terlebih dahulu marilah kita kaji bersama mengenai faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi laju angin.


Faktor-faktor yang mempengaruhi angin adalah sebagai berikut :
  • Keadaan topografi
  • Daratan atau lautan
  • Adanya pepohonan
Ketiga  hal di atas sangat berpengaruh terhadap kerja laju angin. Keadaan topografi sangat berpengaruh, karena jika angin menerpa pada topografi berupa gunung ia akan cenderung naik, berbeda jika ia menerpa pada topografi berupa dataran, ia akan cenderung lurus-lurus saja. Kedua, saat angin bergerak di atas daratan dan lautan juga sangat berbeda. Walau bagaimanapun angin yang bergerak di daratan akan cenderung mengikuti keadaan permukaan daratan, berbeda jika angin yang berhembus di atas lautan maka ia akan ikut mempengaruhi bentuk muka air laut, bahkan pergerakan arus di atas laut. Sehingga ia lebih bebas bergerak di atas lautan daripada di daratan. Ketiga, adanya pepohonan sangat berpengaruh jika pohon tersebut cukup tinggi dan menggangu laju angin.

Nah, dari ketiga pembahasan di atas kita dapat menyimpulkan mengapa layang-layang lebih stabil jika ia terbang tinggi adalah karena ketiga faktor di atas akan di anggap 0 (nol) / tidak ada. Iya kan ? hehe^^ sehingga laju angin di atas sana lebih stabil yang membuat layang-layang terbang stabil pula. Sekian.

Sumber :
http://www.wikipedia.org
Tjasyono, Bayong. 2003. Meteorologi. Bandung : Penerbit ITB

Author
Andrean Eka Lucianto


2 comments:

  1. Ouw, ngono yo, Ka.

    Ka, mau tanya. Angin kan disebakan karena adanya perbedaan tekanan udara, tapi bukankah jika ada perbedaan tekanan, seharusnya udara segera berpindah. Mengapa bisa sampai terjadi perbedaan tekanan yang sangat besar sehingga menyebabkan angin yang sangat kencang/kuat? (Mudeng nggak pertanyaanku)

    Satu lagi, Ka. Kenapa suhu di dataran tinggi lebih rendah daripada suhu di dataran rendah?

    Dijawab lho.
    Thanks ya, Ka.

    ReplyDelete
  2. ciee ekaa..kereeen kereeen :D ijin share ya gan
    visit my blog : http://annartwid.blogspot.com/ hehehe thank youu :D

    ReplyDelete

berkomentarlah dengan sopan

Materi apa yang paling kalian tunggu-tunggu dari Blog ini ?