Copyright © Geologi, Geodesi, Meteo, Oceano
Design by Dzignine
Wednesday, January 5, 2011

Pengertian Radiasi Bumi

Menanggapi pertanyaan dari temanku dengan inisial EBO hahaha^^
Pertanyaan yang aneh dan bagus serta menantang. Uhm, jadi dia bertanya,"Mengapa dataran tinggi lebih dingin daripada dataran rendah ?"

Sepertinya aku tahu apa yang ada di pikiranmu sekarang Ebo. Pasti kamu berpikir, bukannya dataran tinggi itu ada di atas, lebih tinggi dari dataran rendah, sehingga dataran tinggi lebih dekat dengan matahari dan lebih panas daripada dataran rendah. Iya nggak betul nggak ? hehe nebak-nebak doang sih .. hehehe

Jika kita lihat dan telaah dengan ilmu meteorologi yang saya baca dikit-dikit sih. Fenomena tersebut dapat terjadi karena adanya Radiasi Bumi. Jadi, nggak cuma matahari yang punya pancaran radiasi tapi Bumi juga punya. Nah, jadi gini ceritanya. Radiasi matahari yang selalu dipancarkan matahari ke segala arah pasti mau tidak mau akan ditangkap sama Bumi. Oleh bumi, radiasi matahari ditangkap dan diserap. Nah, pada saat-saat tertentu radiasi yang diserap ini akan dipancarkan ke atmosfer oleh Bumi, sebagai Radiasi Bumi. Dia nggak terlalu besar sehingga panas radiasinya nggak bisa nyampek di Dataran Tinggi dan hanya sampai pada ketinggian sekitar dataran rendah.

Itulah, sebabnya mengapa di Dataran Rendah lebih panas daripada di Dataran Tinggi.

Sumber :
http://www.wikipedia.org

Author
Andrean Eka Lucianto


0 comments:

Post a Comment

berkomentarlah dengan sopan

Materi apa yang paling kalian tunggu-tunggu dari Blog ini ?