Wednesday, February 2, 2011

Terbentuknya Pulau-Pulau di Indonesia

Seperti yang kita ketahui bersama, Negara kita, Indonesia adalah negara kepulauan TERBESAR di dunia. 2/3 wilayahnegara kita adalah berupa lautan dengan sisanya berupa ribuan pulau yang saling sambung menyambung dari Sabang sampai Merauke. Kurang lebih jumlah pulau di negara kita sekitar 12.000 pulau. Wow... Banyak banget kan. Nah, sekarang pernahkah pambaca sekalian berpikir bagaimana cara pulau yang segitu banyaknya itu terbentuk ?

Jarang dan mungkin tidak pernah terlintas dibenak pembaca sekalian bukan. Di lembaran blog yang sederhana ini saya akan berusaha menjelaskan, mengenai proses terbentuknya pulau-pulau di negara kita tercinta, Indonesia. "Negeri 1000 pulau" atau yang sering kita sebut pula "Zamrut Khatulistiwa"



Sebelum saya jelaskan, amati dulu gambar di atas. Gambar di atas menampakan peta Indonesia plus sebaran zona pertemuan antar lempeng. Bagi yang belum tahu apa itu lempeng baca link berikut klik disini, Nah, udah tahu ? Hehehe^^ mari kita lanjutkan pembahasan kita. Sebelumnya lihat lagi gambar Indonesia (khususnya pulau Jawa) kalau dipotong secara vertikal seperti gambar di bawah ini :
Bagaimana apakah pembaca sudah pernah melihat dan mengetahui bahwa ternyata di bawah tanah yang kita pijak sekarang ini ada aktivitas Bumi seperti gambar di atas. Sebenarnya Indonesia terletak pada pertemuan 4 lempeng besar dunia(Lempeng Eurasia, Indo-Australia, Filipina dan Pasifik) Lempeng-lempeng tersebut selalu bergerak setiap saat, walaupun totalnya hanya 5-9 cm per tahun , namun, karena masa batuan yang bergerak besar, maka energinya besar pula. Hal tersebut berdampak pada banyaknya aktivitas vulkanisme, tektonisme bahkan gempabumi di wilayah kepulauan Indonesia, seperti yang selama ini kita rasakan sehari-hari. Gunung meletus, gempa bumi sepertinya sudah biasa bagi kita rakyat Indonesia, Negara paling aktif dari segi pergerakan lempengnya.

Sekarang kita akan masuk pada pembahasan sebenarnya. Bagaimana proses terbentuknya Kepulauan di Indonesia ? Untuk menjelaskannya akan saya bagi per-pulau besar di Indonesia, diantaranya :
  • Pulau Sumatra, Jawa, Bali, Lombok, kepulauan di provinsi NTT dan NTB

  • Pulau-pulau tersebut terbentuk. Karena adanya aktivitas vulkanisme di bawah permukaan bumi, maka hasil yang dapat dirasakan di permukaan Bumi adalah adanya lava. Lama kelamaan lava tersebut memadat bertambah besar membentuk sebuah gunung > deretan pegunungan > busur pulau. Proses seperti ini kita kenal sebagai Island Arc dalam istilah geologi.
  • Pulau Sulawesi : Pulau Sulawesi terbentuk akibat pertemuan lempeng Filipina, Indo-Australia, Eurasia dan lempeng mikro lain di daerah tersebut. Oleh karenanya, pulau Sulawesi bentuknya aneh kayak gitu. Hehehe
  • Pulau Irian Jaya dan Kalimantan

  • Keduanya memilki kesamaan proses terbentuknya, mereka terbentuk dari pecahan super benua pada awal terbentuknya permukaan bumi, sesuai teori Plate Tectonic yang menyebutkan bahwa dahulu seluruh daratan di muka bumi ini adalah satu daratan yang maha luas bernama Pangea lalu terpecah menjadi dua yaitu Godwana(di Selatan) dan Laurasia(di Utara). Seiring waktu berjalan kedua lempeng besar tersebut terpecah-pecah kembali menjadi pecahan benua-benua seperti sekarang ini, Asia, Afrika, Amerika, Australia, dulunya adalah satu pualu besar. Kalimantan sendiri berada di atas lempeng benua Asia dan Irian Jaya termasuk di dalam lempeng Australia.
  • Pulau-pulau kecil, contonhnya Kep. Seribu dll : Proses terbentuknya pulau-pulau ini, sangat sederhana dibanding yang lain. Mereka berasal dari endapan pecahan kerang, koral dan binatang laut lainnya. Semakin lama semakin besar, dan akhirnya terbentuklah sebuah pulau baru.
Kurang lebih seperti itulah cara terbentuknya pulau-pulau di Indonesia. Maaf jika di awal, saya sedikit mengulas tentang tektonik lempeng. Hal ini bertujuan agar pembaca yang sama sekali buta tentang Geologi tetap dapat mencerna penjelasan ini dengan baik. Di akhir, saya juga ingin mengingatkan kepada pembaca sekalian agar selalu waspada terhadap bencana yang sewaktu-waktu dapat menimpa tanpa aba-aba sebelumnya.

Adanya kepulauan di Indonesia yang sangat banyak ini mengakibatkan Keanekaragaman Hayati di Indonesia. silahkan cek artikelnya disini !

Sumber :
http://www.wikipedia.org
Penjelasan Dosen

Author
Andrean Eka Lucianto


20 comments:

  1. wuiiih keren juga ya ternyata proses pembentukan pulau2 indonesia tp sayangx si mas kaga jelasin masalah waktu prosesx berapa lama proses masing2 pulau besar n kecil

    ReplyDelete
  2. weh bagus bgt critanya ...takluk dahh....kita haus jaga pulau kita jgn ampe di ambil orang ato ilang ditelan bumi......

    ReplyDelete
  3. bagus kk, tapi sedikit koreksi laurasia itu bagian utaranya bukan kk? yg gondawanan selatan... ^^

    ReplyDelete
  4. Memang jika kita ingin pelajari kebumian pasti akan banyak ditemukan masalah-masalah kebumian yang sangat excited untuk di pecahkan bersama...maju terus kebumian indonesia.

    ReplyDelete
  5. Pembentukan wilayah nusantara terjadi dengan tahapan skala waktu geologi. Dengan mengetahui pembentukan wilayah nusantara, apakah diketahui seberapa besar potensi minyak bumi? Pembentukan minyak bumi dari senyawa-senyawa fosil sebagai embrio minyak bumi, dimana wilayah nusantara adalah tempatnya organisme laut yang telah mati berjuta-juta tahun.

    ReplyDelete
  6. 1.ka, pulau sumatera, jawa,bali dan lombok.....yang bener yang mana ka karena tektonik, ato vulkanik thok...atau tektonim yang disusul dengan vulkanik....
    2.jika vulkanik thok kenapa batuan penyusun batuan yang ada di pulau sumatera, jawa dsekitarnya tidak didominasi batuan yang terbentuk dari lava....tolong di jelaske ya ka...gak mudeng-mudeng iki....

    ReplyDelete
  7. klo hikmah nya apa yah dari terbentuknya pulau pulau di indonesia ini??

    ReplyDelete
  8. Maaf boleh tau,darimana ya referensinya?

    ReplyDelete
  9. [ADMIN] Buat Pak Rudi .... tn
    Sejauh yang saya tahu pak, busur Selatan Indonesia pembentukan awalnya dikarenakan aktivitas tektonik, berupa subduksi. Akibat aktivitas subduksi tersebut, adalah terbentuknya magma karena tekanan dan suhu tinggi yang terjadi. Magma hasil subduksi inilah yang nantinya akan membuat vulkanik.

    Untuk batuan di Busur Selatan Indonesia kenapa tidak didominasi dgn batuan beku ? Mohon tidak melihat hanya sebatas di permukaan bumi saja. Karena tanah(material sedimen) yang kita pijak ini sejatinya adalah hasil dari proses eksogen yang terjadi akibat aktivitas air, angin. Saya tidak punya data untuk menegaskan kalau di dalam Busur Selatan ini batuan beku, namun jika di lihat dari uraian proses terbentuknya diatas sudah seharusnya seperti itu. Terimakasih. Mari sama-sama belajar.

    Salam hangat ankalucio

    ReplyDelete
  10. thanks for your informations

    ReplyDelete
  11. whaaat??? it's amazing

    ReplyDelete
  12. makasih atas infonya ..... :) :) :)

    ReplyDelete
  13. selamat siang mas, saya boleh minta jurnal resminya mas? dalam bentuk PDF ataupun MS.Word, soalnya akan saya gunakan sebagai referensi ilmiah yg membutuhkan jurnal ilmiah yang resmi. jika berkenan ijinkan saya untuk minta emailnya mas.. terima kasih

    ReplyDelete
  14. ijin copas ya buat remidial sejarah ! :v

    ReplyDelete

berkomentarlah dengan sopan

Pharrell Williams - Happy (Official Music Video)

Materi apa yang paling kalian tunggu-tunggu dari Blog ini ?