Saturday, March 10, 2012

Dasar Klasifikasi Kristal, Mineral, Batuan

Pertanyaan dari Rio Rinaldi, "Gimana kita bisa tau bahwa batuan/mineral/kristal ini termasuk batuan/mineral/kristal itu, gimana ngebedainnya, cara klasifikasinya gimana, gimana kita bisa tau semuanya, cara kita agar mudah taunya gimana?"


Mana kristal, mineral, batuan ???



Untuk menjawab pertanyaan di atas, hal - hal yang perlu kita lakukan adalah :

Kembali ke Pengertian awal. Kenapa? hal ini dikarenakan geologi adalah ilmu, dan ilmu selalu memiliki banyak sekali teori/ketetapan yang telah disetujui secara universal sebelumnya. Yang perlu kita lakukan sekarang hanya tinggal berusaha memahami kesepakatan tersebut dan jika memang ditemukan keraguan kita bisa menggali lebih dalam dan mengkoreksinya dengan penemuan terbaru. Nah, sekarang kita lihat dulu apa pengertian Mineral, Kristal dan Batuan yang telah disepakati sebelumnya.
Mineral adalah suatu benda padat homogen yang terdapat di alam, terbentuk secara anorganik, dengan komposisi kimia dan batas tertentu dan memiliki susunan atom tertentu secara teratur.
Kristal adalah suatu mineral yang memiliki bentuk geometri yang sempurna, dengan dibatasi oleh bidang-bidang yang jelas.
Batuan adalah suatu benda padat yang tersusun secara alami dari kombinasi satu atau beberapa mineral di dalamnya.
Nah, saat kita sudah tahu pengertian awalnya kita jadi bisa membedakan dan mengklasifikannya kan.

Itu baru membedakan tiga hal makro tersebut, gimana dengan klasifikasi mikro di dalam masing-masing jenis, mulai mineral, kristal, batuan? Karena mineral lebih kecil dari batuan, maka kita harus mampu mengerti dulu bagian mineral, baru kita beranjak ke bagian batuan. Bukankah di setiap buku Geologi, selalu berisi mineral di depan, baru batuan di belakang? Itulah sebabnya kita harus mengerti mineral dahulu baru batuan.
Hapalkan dan berikan pengertian karakteristik masing-masing mineral. Mulai warna, kilap, bentuk, cerat, belahan, pecahan dll.
Ingat dulu klasifikasi itu berdasarkan apa. Kalau kita sudah tahu klasifikasinya berdasar apa, kita tinggal mengelompokkan hasil hafalan kita yang tadi. Dengan mengklasifikasikan sesuatu, tingkat pemahaman kita akan naik, dari menghapal, naik setingkat jadi memahami. Trus ngikut saran dari kak Astin,"Dipilih aja pengklasifikasian yang sering dipake (ngikut buku pegangan aja)." Saya sangat setuju dengan cara ini. Karena tidak semua klasifikasi, digunakan secara merata di seluruh dunia. Ada klasifikasi yang 'dianggap' induknya, nah yang ini yang harus kita pahami.

Setelah kita sudah lebih mengerti tentang mineral. Sekarang saatnya masuk ke bagian batuan. Yang harus dilakukan adalah cari tahu dulu struktur dan tekstur batuan dan mineral penyusunnya. Dengan pemahaman sifat fisik mineral yang baik maka tahap untuk identifikasi mineral dalam batuan tidak akan mengalami banyak kendala. Trus dari pemahaman yang sebelumnya kita sudah tahu ciri-ciri masing-masing mineral. Pastinya bagian batuan nggak akan pernah bertentangan dengan sifat mineral penyusunnya. Betul nggak? 

Terakhir untuk menjawab pertanyaan, Bagaimana cara mengklasifikasikan mineral, batuan, kristal ? Sebenernya pertanyaan ini harusnya dijawab ama profesor-profesor terdahulu yang mengklasifikasikannya ya... Tapi saya berusaha menganilis, dan menurut saya klasifikasi selalu dibuat berdasar kesamaan sifat. bener nggak? Kalo sesuatu memiliki sifat yang sama, maka dia akan masuk dalam satu jenis karakteristik. Oleh karenanya, klasifikasi dibuat untuk mempermudah kita mengenali batuan tertentu.

Nah, mungkin cukup segini tips yang bisa saya berikan, untuk membantu memahami tentang klasifikasi batuan. Semoga bermanfaat!

Sumber :
http://www.wikipedia.org

Author
Andrean Eka Lucianto


5 comments:

  1. Wah, bermanfaat sekali kak :D

    Oh, jadi begitu, kita itu awalnya harus ngerti dulu konsep awalnya apa terus pengertian makronya dulu harus tau juga, nah udah itu belajar dulu bagian mineral dilanjutin ke batuan dan seterusnya sampai ngerti semuanya, "harus pegang buku pengangan juga" naah, kalo masalah sama buku pegangan saya juga punya, tapi masalahnya menurut kak eka buku yang bagus di rekomendasikan buku apa?

    Makasih kang ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo buku...
      Masalah Geologi ambil yang dari UGM,
      Masalah Meteorologi ambil yang dari ITB,
      Masalah Astronomi ambil yang dari ITB,
      Masalah Oseanografi ambil yang dari ITB,

      Delete
  2. Wahhhhh benar-benar nichhh ilmu geologi yang dulu pernah saya pelajari sangat bermanfaat...kayaknya saya harus belajar lagi nichhh

    ReplyDelete
  3. sangat bermanfaat sekali dalam mempelajari batuan mineral karena dapat menambah pengetahuan kita tentang mineral

    salam kenal bro

    ReplyDelete
  4. kak saya pengen cari materi tentang kebumian, minta link'y dongg ..

    ReplyDelete

berkomentarlah dengan sopan

Pharrell Williams - Happy (Official Music Video)

Materi apa yang paling kalian tunggu-tunggu dari Blog ini ?