Copyright © Geologi, Geodesi, Meteo, Oceano
Design by Dzignine
Wednesday, September 11, 2013

Proses Terjadi Tsunami


Definisi / PengertianTsunami

Inggris : Tsunami is a series of water waves caused by the displacement of a large volume of a body of water, generally an ocean or a large lake. Earthquakes, volcanic eruptions and other underwater explosions (including detonations of underwater nuclear devices), landslides, glacier calvings, meteorite impacts and other disturbances above or below water all have the potential to generate a tsunami.

Indonesia : Tsunami adalah serangkaian gelombang air yang disebabkan oleh perpindahan dari suatu volume besar dari badan air, umumnya laut atau danau besar. Gempa bumi, letusan gunung berapi dan ledakan lain di bawah air (termasuk ledakan perangkat nuklir bawah laut), tanah longsor, gletser, dampak meteorit dan gangguan lainnya di atas atau di bawah air semua memiliki potensi untuk menimbulkan tsunami.

Proses Terbentuknya Tsunami berdasar Penyebabnya
Secara umum gelomban tsunami dapat dikarenakan oleh 4 penyebab yang paling umum terjadi yakni : Pergerakan Lempeng di dasar laut, aktivitas vulkanik di dasar laut, Longsoran di dasar laut hingga jatuhnya benda asing dari langit ke lautan.
  • Pergerakan Lempeng di dasar laut yang diikiti gempa bumi
  • Aktivitas Vulkanik di dasar laut
 
  • Longsoran di dasar laut
  • Jatuhnya benda asing ke lautan


Namun sebenarnya keempat penyebab di atas tidak dapat saling dipisahkan. Bisa saja suatu tsunami terjadi karena dua penyebab yang bersamaan. Misal tidak menutup kemungkinan jika dalam pergerakan lempeng, maka terjadi efek sampingan aktifnya gunung api, atau terjadinya longsoran bawah laut. Selain itu, bisa juga jatuhnya benda asing ke laut memicu aktivitas tektonik atau vulkanik. dan masih banyak contoh yang lain.

Author :
Andrean Eka Lucianto

Daftar Pustaka
http://id.wikipedia.org/wiki/Tsunami
http://en.wikipedia.org/wiki/Tsunami


0 comments:

Post a Comment

berkomentarlah dengan sopan

Materi apa yang paling kalian tunggu-tunggu dari Blog ini ?